Please wait...

Bagi para warga kota Surabaya, mari bergabung di Media Center Kota Surabaya. Melalui media center, Anda dapat berpartisipasi dalam perkembangan pembangunan Kota Surabaya. Bentuk partisipasi Anda berupa kritik, saran, masukan atau keluhan.


Kristiana herawati WEBSITE

24-01-2020 07:12 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Didepan rumah kontrakan saya ada bak sampah untuk umum , selain baunya yg tidak enak, lalat juga banyak yg masuk rumah , kalo hbis hujan banyak kecoak dan paginya pasti banyak belatung yg kluar dr bak smpah tersebut masuk ke teras rumah ... Dimohon bantuan nya Bu Risma untuk gang IIIA , bak sampahnya kalau bisa dibongkar saja dan diganti tempat sampah tiap rumah , agar bersih dan bebas bau tidak sedap ... Jadi tiap rumah bisa bertanggung jawab dengan sampahnya masing2 ...lingkungan juga menjadi lebih bersih dan lebih indah ... Karena yg saya takutkan jika terus menerus dibiarkan ada tikus yg masuk ke rumah... Terimakasih

Soedirman Astrowidjojo WEBSITE

23-01-2020 14:20 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

untuk hubungi DKP cara gimana ya, karena got di rmh saya sdah penuh semua

Franky Ardynata WEBSITE

22-01-2020 08:35 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Selamat pagi Admin Media Center Surabaya. Mohon informasinya, apakah pemasangan gas negara ini sudah mengcover area medokan ayu secara keseluruhan? Karena ditempat saya kok belum ada tanda-tanda akan dipasang ya.. Terimakasih utk responsenya..

Ariska septiariani WEBSITE

20-01-2020 19:09 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

TOLONG BU RISMAA!!!!DENGARKAN KELUHAN KAMI!!!!APAKAH UNTUK PENCETAKAN EKTP HARUS SELAMA INI!!!SAYA CAPEK HARUS BOLAK BALIK KECAMATAN&DISPENDUK!!!SUDAH 1TH SAYA MENUNGGU DGN ALASAN BLANKO KOSONG!!!INI YG SALAH PEGAWAI KECAMATAN ATAU BAGAIMANA????RUMAH SAYA DI KRIAN TP SAYA MASIH BER KTP SURABAYA, TOLONG DI TANGGAPI MASALAH INI .. SAYA SUDAH SANGAT KECEWA DAN CAPEK DGN PEGAWAI2NYA .. UDAH PEGAWAI KECAMATAN NYA KURANG MENANGGAPI !! SAYA MENGELUH MALAH MENGALIHKAN PERHATIAN!! NGGAK SOPAN SAMA SEKALI

Lanny Veronica Gunawan WEBSITE

20-01-2020 18:19 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Saluran got di depan toko saya di jalan kedungsari sangat kotor dan bau tidak ada pembersihan, kalo bisa dibuatin gorong2 saja sehingga tidak dibuanngin sampah lagi sama tetangga sekitar

Husni WEBSITE

19-01-2020 21:25 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Kapan e KTP saya jadi,, sudah setahun lebih menunggu,, dg alasan blanko kosong,, kami sebagai warga surabaya rela membayar untuk biaya blanko ,, jangan berdalih kewenangan pusat terus,, sebagai pemerintah daerah sampaikanlah ke pusat untuk segera mengirim blanko e KTP,, kami menungu e KTP, kami rela bayar, apakah harus cetak ke tukang sablon😭😭

Darwin Tantra WEBSITE

15-01-2020 11:41 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

e-ktp belum diterima dari Agustus 2019. Telah terima surat TANDA TERIMA PERMOHONAN CETAK KTP ELEKTRONIK dari 01 Agustus 2019 untuk saya dan istri saya. Istri pindah dari Jakarta sehingga ktp sudah di bolongin, dan kita berdua sudah terima SUKET DISPENDUK dari tanggal 05 Agustus 2019 dengan masa 6 bulan (harus di perbaharui bulan depan). Untuk proses mendapat kan KTP sangat sulit sampai saat ini tidak dapat. Dan lebih merepotkan lagi harus mengurus SUKET setiap 6 Bulan yang menyita waktu kita untuk harus update tentang hal-hal ini. kapan e-ktp ini bisa selesai? https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191126211603-32-451779/tito-ajukan-pergeseran-anggaran-rp159-m-untuk-blangko-e-ktp sudah ada jatah untuk surabaya dan kenaikan budget tapi tidak dirasakan sama masyarakat. Akan lebih bagus kalau SIM dan KTP itu 1 kartu, menghemat uang juga untuk menyediakan blangko.

Sutrismanto WEBSITE

13-01-2020 16:48 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Lampu PJU mati di dekat Jl . Jambangan Indah I Kav 37

Ellen Hanafi WEBSITE

13-01-2020 09:15 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Selamat pagi. Sy ingin menyampaikan informasi bahwa di depan rumah2 jl. Kalibokor Selatan mulai dari nomor 48, 46, 44, 42, 40, 38 , Surabaya, sudah cukup lama ditanami tanaman2 di sepanjang kali. Dulunya bagus, namun belakangan tanaman ini makin tinggi sehingga menyerupai hutan kecil. Yg dikhawatirkan tanaman yg meninggi dan lebat ini bisa dipakai utk persembunyian maling dan hewan seperti ular dsj. Mohon bantuan bu Risma untuk meninjau. Terima kasih.

ANDRIAN WIBAWADI WEBSITE

12-01-2020 19:03 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

pemanfaatan lampu lalu lintas di perempatan Gunawangsa merr agar diaktifkan kembali,mengingat meningkatnya jumlah penghuni dan makin bertambahnya pemukiman perumahan di wilayah Wonorejo Rungkut dan sekitarnya.karena untuk beraktifitas sehari hari (sekolah& bekerja) akses berangkat dan pulangnya kita harus memutar jauh dari akses jalan keluar wonorejo,dulu sempat ada akses putar balik didepan cafe excelso merr,akan tetapi sekarang ditutup/dicor dikarenakan rawan terjadi kecelakaan akibat jarak terlalu dekat dgn akses jalan keluar,padahal sudah ada lampu lalu lintas di akses jalan tersebut,mohon diaktifkan kembali untuk memudhakan akses warga yg beraktifitas sehari hai

Budi Sugijokanto WEBSITE

11-01-2020 11:14 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Saya sudah buat keluhan tanggal 7 januari 2020.. tentang pohon depan toko saya yang klo hujan angin.. ranting2 nya dan daun2nya menyebabkan talang buntu.. sehingga air langsung masuk ke toko.. dan mohon untuk dilakukan penebangan.. ttp sampe skrg koq lom ada tanggapan ya.. status keluhan saya "OPD".. maksud status "OPD" itu apa ya..? Terima kasih..

Nova Andre Saputra WEBSITE

11-01-2020 05:49 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Selamat pagi, mohon maaf sebelumnya. Saya Nova Andre Saputra, mahasiswa semester 3 program studi Teknik Informatika di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Pada semester depan saya dan teman saya akan mengambil Praktek Kerja Lapangan/magang dan kami berencana untuk magang di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Saya ingin bertanya, apakah terdapat lowongan magang untuk mahasiswa di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya? Dan, jika ada, mohon informasi mengenai alur pengajuan dan syarat-syarat untuk proses magang. Terimakasih.

Hendra Gunawan WEBSITE

09-01-2020 16:37 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Halo, saya ingin menanyakan, pada pengurusan KTP-el saya yang hilang, saya sudah mendapatkan surat keterangan. Namun yang saya tanyakan, saat ini antrean pencetakan untuk KTP-el oleh karena sebab tertentu spt hilang/rusak sudah sampai surat pengajuan per order tanggal berapa? Hal tersebut saya tanyakan agar saya dapat pulang (poses pekerjaan saya tidak di surabaya) untuk mengambilnya. Namun, dari akun dispendukcapil menyarankan saya ke WA, dan di WA saya mendapatkan keterangan bahwa eKTP bnlangko kosong dan lain-lain tanpa ada kejelasan bunya saya sudah jadi apa belum. Sebenarnya, apa yang terjadi dengan eKTP? Belajar dari ini, saya ingin mengatakan bahwa, surabaya kurang bersahabat bila eKTP hilang/rusak. Dan beberapa pertanyaan saya tidak dijawab oleh akun tersebut. terima kasih.

Erialdo Indra P. WEBSITE

07-01-2020 11:08 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Selamat siang, saya ingin mengajukan saran terkait lalu lintas di sepanjang jalan raya Benowo-Simo. Saya ingin memberikan saran agar dilakukan pengaturan lalu lintas di mana truk besar dengan asal/tujuan Margomulyo agar seluruhnya diarahkan keluar masuk Tol di Margomulyo saja. Karena sangat sering sekali terjadi kemacetan lalu lintas yang panjang di setiap tikungan mulai Tanjungsari, Sukomanunggal, dan Simo. Selain itu, jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan raya lebar yang menghubungkan Surabaya Barat menuju Surabaya Pusat sehingga sangat menghambat mobilitas kendaraan bermotor lain dan meningkatkan tingkat bahaya kecelakaan terhadap kendaraan terutama roda dua. Selain itu, mohon juga ditindak kendaraan truk besar yang melewati proyek box culvert yang seharusnya tidak boleh lewat di sepanjang jalan Manukan sampai Sememi, namun masih saja banyak truk besar yang lewat. Terima kasih dan mohon ditindaklanjuti.

eka arisma setyo nugroho WEBSITE

07-01-2020 09:23 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Selamat Pagi Saya mau lapor tekait perubahan Status dan Alamat Tinggal di E-KTP di kecamatan WONOKROMO. dan sampai saat ini masih menggunakan KTP yang lama. Mulai dari bulan juni 2019 sampai kemarin tanggal 6 januari 2020 saya tanyakan belum juga selesai. Saya terhambat dalam mengurus keperluan yang mengunakan KTP. dan menghabiskan waktu untuk bolak balik ke kantor kecamatan wonokromo Mohon Bantuannya. terima kasih

Peter WEBSITE

06-01-2020 12:27 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Lampu PJU di kompleks saya mati. Saya sudah menghubungi PJU DKRTH di nomor 031-5937153 dan call center 112 nggak bisa. Mohon dibantu. Terima kasih

Akhmad Naufal Refandi WEBSITE

05-01-2020 14:50 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Selamat siang menjelang sore. Dimohon utk fasilitas di perpustakaan balai pemuda di beri semacam tas untuk menampung barang2 pengunjung yg berada di dalam perpustakaan, karena seluruh tas yg pengunjung bawa harus dititipkan bahkan sampai tas kecil yg biasa saya bawa kemana mana dan berisi barang yg saya butuhkan harus keluar semua dan sampai menjadi tercecer. Mohon utk dipertimbangkan keluhan ini. Terimakasih banyak

Agus WEBSITE

04-01-2020 11:28 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Saya sedang mengurus IMB. Tanggal 13 Desember 2019 keluar tagihan SKRD yang sangat besar angka nya dan baru saya terima pada tanggal 17 Desember 2019. Dan saya mendapat surat peringatan dari Satpol PP, bahwa jika IMB tidak segera dilengkapi, maka bangunan saya akan di segel. Tanggal 18 dan 19 Desember 2019 saya mengajukan surat permohonan keringanan retribusi IMB, dengan melampirkan dokumen2 pendukung. Saat saya menyerahkan surat permohonan keringanan IMB, saya infokan ke bagian penerimaan DINAS CIPTA KARYA MEETING POINT, bahwa saya di datangi satpol PP, akan segera disegel. Bagian penerimaan bilang ke saya, "Tunjukkan saja sedang proses permohonan keringanan retribusi, tunjukkan tanda terima berkas masuk ke CIPTA KARYA ini, nanti bisa ditunda segelnya. Jika dalam 3-4 hari kerja belum ada balasan saya diminta datang lagi ke cipta karya". Tanggal 26 Des 2019 saya datang ke Cipta Karya menanyakan balasan mengenai surat permohonan keringanan saya, dan dijawab bagian penerimaan masih proses. Saya tunggu jawaban dari CIPTA KARYA, dan belum ada balasan, hingga akhirnya pada tanggal 30 Des 2019 pihak satpol PP datang dan menyegel tempat saya. Sudah saya sampaikan sesuai instruksi dari bagian penerimaan CIPTA KARYA, saya tunjukkan ke satpol PP bukti penerimaan surat sedang proses permohonan keringanan retribusi IMB, pihak satpol PP tidak mau tau dan tidak bisa menerima alasan yang saya dapat sesuai instruksi dari DINAS CIPTA KARYA dan tetap menyegel bangunan saya. Dan pada tanggal 30 Des 2019 setelah disegel, saya diminta ke meeting point cipta karya. Lalu saya baru diminta menandatangani BAP pengajuan keringanan retribusi IMB, yang mana artinya baru diproses permohonan keringanan saya. Akhirnya surat permohonan keringanan retribusi dibalas dan disetujui pada tanggal 31 Des 2019. Lalu retribusi tersebut sudah saya bayar pada tanggal 2 Januari 2020. Hingga saat keluhan ini dibuat, segel masih belum dibuka oleh satpol PP. Pertanyaan saya: 1. Bagaimana pertanggung jawaban bagian penerimaan dinas cipta karya yang memberikan info "TUNJUKKAN BUKTI PENERIMAAN SEDANG URUS KERINGANAN RETRIBUSI, nanti bisa ditunda segelnya". ? 2. Apakah ketika bayar retribusi IMB, pemilik bangunan tidak secara otomatis diberikan ijin atau hak untuk membuka segelnya sendiri? 3. Apakah dengan jaman digital seperti ini, antar pihak atau dinas yang terkait harus menunggu surat menyurat secara fisik? Tidak melalui sistem atau by EMAIL? Karena saya tanya ke Satpol PP, kapan segel bisa dibuka, dijawab masih tunggu surat dari Cipta Karya untuk pembukaan segel. Lalu saya tanya ke Cipta Karya, dijawab masih menunggu persetujuan Kepala Cipta Karya. Setelah disetujui, baru akan diteruskan ke Satpol PP. Satpol PP akan atur staff untuk buka segelnya. Apakah proses tunggu surat fisik seperti ini masih perlu dilakukan di jaman era digital saat ini?

WIDARTOYO WEBSITE

03-01-2020 19:44 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Bukan keluhan, melainkan terimakasih bhw lokasi Taman Kendangsari Surabaya sudah tidak banjir lagi.

Nasrulloh WEBSITE

03-01-2020 11:01 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Dear Media Center Surabaya Saya ingin memgadukan bahwasanya ada sebuah praktik usaha yanh merugikan karyawan dari sebuah Perushaan Sepeda Listrik Migo Ebike yang beralamat di Educity Residence, Tokan S-06, Pakuwon, Mulyorejo, Surabaya dengan no. Tlp 031-591-73-777 / 591-73-899 dan dengan jumlah korban sekitar 20 orang. Saya adalah mantan karyawan perusahaan tersebut yang telah resign pertanggal 31 Desember 2019 lalu. Perusahaan telah melanggar undang-undang tenaga kerja dengan tidak memberikan kontrak kerja, tidak memberikan asuransi, tidak membayarkan pajak karyawan (pph), melakukan pemotongan gaji secara sepihak tanpa alasan kepada seluruh karyawan yang jelas dan tidak memberikan uang lembur untuk karyawan yang bekerja melebihi jam kerja. Migo juga memberikan gaji dibawah UMK Surabaya kepada hampir seluruh karyawan. Patut diduga bahwa Migo selama rentang tahun 2018 juga memperkerjakan karyawan ilegal asing asal China. Saya telah mencoba mengajak berdiskusi manajer yang bertanggung jawab namun tidak ada respon sama sekali dan bahkan terkesan menakut-nakuti karyawan lain untuk tidak sejalan dengan saya dan tidak mengadukan perbuatan perusahaan yang telah merugikan ini. Saya telah mengadukan masalah ini ke PPHI Surabaya melalui Whatsapp namun tidak ada respon. Yang saya ingin adalah bahwasanya dilakukan investigasi terhadap praktik yang dilakukan oleh Migo. Misalnyah kepada saya yang secara sepihak gaji saya selalu dipotong setiap bulannya dari kisaran 300rb - 1.1juta. (Dari bulan November 2018 hingga Desember 2019) dan juga melakukan investigasi potongan, perjanjian kerja, dan aturan lain yang telah dilanggar oleh perusahaan kepada seluruh karyawan Migo di Surabaya. Saya juga telah meminta keterangan dari perusahaan mengenai permasalahan ini. Namun perusahaan selalu tidak merespon hingga akhirnya saya putuskan resign. Namun, saya merasa kasihan terhadap rekan2 saya yang telah diperlakukan tidak adil, sehingga saya ingin mengadukan permasalahan ini ke Media Center Surabaya. Demikian pengaduan saya, mohon respon dan tanggapannya. Terima kasih.

Andi rachman WEBSITE

03-01-2020 08:38 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

saya sebagai warga Surabaya"kalau bisa 🙏Bu Risma <kolam ikan yg di kebun bibit Bratang> di rubah fungsi menjadi kolam renang untuk anak usia 4-10 tahun <bisa bermanfaat bagi warga Surabaya mengisi liburan sekolah.trims🙏

Lucky Ramadhian WEBSITE

02-01-2020 15:27 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Salam sejahtera Ibu Risma, sy mohon bantuan ibu, mau mengurus akta kematian ayah saya yg 25 tahun lalu hilang, dan data (ktp, atau identitas lain minim sekali), yg ada hanya KK tertulis nama ayah sya (Alm ), sedangkan rumah sudah berpindah 3-4 kali ( pindah alamat KK), apa yang harus saya lakukan ibu, saya butuh akta kematian ayah untuk mengurus N1-N4 mau menikah, terimakasih..

Mirra Ariesta Amalia Adiba WEBSITE

02-01-2020 14:35 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Kelurahan Kapas Madya Baru Lambat dalam Penanganan Pengurusan Surat Nikah Dear bu Risma dan jajaran kelurahan di Surabaya. Saya ingin mengeluhkan terhadap kinerja kelurahan yang lalai. Mungkin sedikit saya jelaskan kronologisnya ya. Yang pertama, informasi mengenai pengurusan surat nikah di kelurahan tidak ada lengkap. Sehingga kami harus mencari informasi sana-sini. Yang kedua, saya mengajukan pengurusan surat nikah di kelurahan pada hari Senin tanggal 30 Desember 2019, dan ditolak oleh petugasnya dikarenakan ada syarat yang belum ada. Oke saya lengkapi di kemudian hari. Andaikan informasinya sudah lengkap diawal, tidak mungkin hal ini terjadi kan :) Yang ketiga, saya balik lagi ke Kelurahan Kapas Madya Baru dengan membawa persyaratan yang diminta tepat 1 hari setelahnya yaitu tanggal 31 Desember 2019. Dan itu masih belum jam 11 pagi namun katanya petugas sedang keluar, padahal kan harusnya masih jam kerja kelurahan kapas madya baru. Katanya berkas disuruh ninggal dan bisa diambil jam 2 siang. Yang keempat, Oke saya akhirnya balik dulu kerumah, setelah itu di hari yang sama saya balik lagi jam 2. Tapi nyatanya belum selesai juga, dan disuruh ninggal sampai tanggal 2 Januari 2020 setelah seluruh dokumen sudah dinilai komplit. Yang kelima, Akhirnya hari ini saya datang lagi ke Kelurahan Kapas Madya Baru. Apa yang dikatakan petugas? Katanya berkas saya tidak dapat diproses karena tidak ada KK asli, padahal sudah jelas-jelas dilakukan pengecekan pada kedatangan saya yang sudah 3kali ke kelurahan tapi tidak ada hasil. Akhirnya kami disuruh melengkapi kembali, saat itu juga saya balik dan melengkapi. Dan ternyata tetap disuruh ninggal lagi. Ya Allah, kenapa pengurusan surat nikah yang hanya di Kelurahan Kapas Madya Baru ini yang paling bikin kesabaran saya habis. Petugas tidak kooperatif dan dapat saya katakan lalai. Masak pengurusan surat nikah aja menghabiskan waktu seminggu. Tolong buat bu Risma dan segenap jajaran pemkot Surabaya, lebih ditekankan lagi, saya ini juga bekerja dan punya kesibukan lain, setidaknya informasi dan SOP yang jelas untuk setiap pengurusan. Berapa banyak waktu dan pikiran saya yang tersita untuk pengurusan dokumen ini saja. Semoga kritik dan saran saya terhadap Kelurahan Kapas Madya Baru dapat menjadikan kedepannya lebih baik lagi. *fyi sampai detik ini saya menulis ini pengurusan dokumen saya belum selesai, entah sampai kapan saya menunggu *ternyata setelah saya browsing2 di internet, tidak hanya saya saja yg punya keluhan, tapi ada warga lain juga kecewa, linknya bisa cek disini https://panjinasional.net/2019/08/31/kelurahan-kapas-madya-baru-sering-lalai-dalam-tugas-pelayanannya/ *coba cek google review, banyak sekali yang mengeluhkan pelayanan kelurahan kapas madya baru Semoga menjadikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk kedepannya

Zulfiqar Akbar Rizki WEBSITE

30-12-2019 21:09 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Ngapunten bu Risma, semoga ibu tidak keberatan mendengarkan permintaan saya disela-sela kesibukan waktu ibu. Sebelumnya saya berterima kasih atas perjuangan ibu dan segenap jajaran Pemkot Surabaya sehingga Surabaya bisa menjadi kota yang indah dan nyaman seperti saat ini. Sekali lagi mohon maaf bu, saya hanya bisa menghubungi ibu melalui media center karena saya tidak tahu dan bingung menghubungi ibu lewat media yang lainnya sehingga saya berusaha melalui media center ini. Saya mohon bantuan ibu terkait surat permohonan mutasi istri saya dari tanggal 3 Oktober 2109 dan sampai dengan saat ini masih belum ada jawaban dari ibu. No agenda surat saya no 828/23850, sekali lagi mohon bantuan dan pertimbangan dari ibu karena istri dan anak saya mengalami trauma tinggal di Kota Palu sejak gempa September 2018 dan ingin mutasi ke Surabaya. Semoga permohonan kami bisa dikabulkan oleh bu Risma dan semoga bu Risma serta segenap jajaran Pemkot Surabaya diberi kesehatan dan rezeki yang melimpah, amin. Terima kasih

Aloysius wicaksono WEBSITE

30-12-2019 14:32 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Saya ingin menanyakan..berapa lama standar pelayanan pegawai kelurahan dalam menyiapkan surat pengantar keterangan waris bila syarat2nya telah selesai Karena untuk pengurusan itu anak2 almarhum harus berkumpul dan foto di kelurahan dan Untuk membayar sewa sertifikat hijau kami perlu itu..sementara anak2 almarhum ada 7 di berbagai kota..mohon segera ditanggapi biar kami bisa merencanakan tanggal berkumpul dan tidak lama2 menunggak