Please wait...

Belum Terjawab
OPD
Sudah terjawab dan dalam perencanaan
Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti
Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Mang Hartono

30-03-2016 14:23

Istri saya adalah seorang warga negara asing. Istri saya mengurus alih status KITAS menjadi KITAP sejak tanggal 27 Oktober 2015 dan baru memperoleh KITAPnya pada tanggal 21 Maret 2016. Tanggal 24 Maret 2016 saya ke POLDA Jatim untuk mengurus Surat Tanda Melapor yang dijanjikan selesai pada tanggal 28 Maret 2016. Siang hari tanggal 28 Maret 2016 setelah saya mengambil STM istri saya, saya langsung menuju DISPENDUK SURABAYA. Saya sampai ke DISPENDUK Surabaya sekitar jam satu siang lebih untuk melaporkan perubahan status istri saya dari KITAS menjadi KITAP. Akan tetapi, alangkah kagetnya saya setelah diberitahu petugas Dispenduk bahwa istri saya kena DENDA Rp 500.000,- karena TERLAMBAT melapor. Menurut PERDA no 5/2011 Pasal 31, "Setiap Orang Asing yang memiliki KITAS berubah status menjadi Orang Asing yang memiliki Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP), wajib melapor paling lambat 14 hari kerja, TERHITUNG TANGGAL DITERBITKAN KITAP." Bagaimana bisa terlambat melapor kalau saya melapor pada tanggal 28 Maret 2016, sedangkan KITAP istri saya terbit tanggal 21 Maret 2016? Sayang sekali, saya tidak bisa membuktikan kapan KITAP istri saya diterbitkan, karena di KITAP istri saya TIDAK TERCANTUM tanggal PENERBITAN, yang ada hanyalah masa berlakunya. Sedangkan di pasport istri saya ada stempel tanggal, akan tetapi itu bukan merupakan tanggal penerbitan KITAP, karena harus ada proses pengambilan sidik jari dan foto dahulu di kantor IMIGRASI baru setelah itu KITAP terbit. Sebagai catatan: masa berlaku SKTT istri saya sama seperti masa berlaku KITAS istri saya, yaitu sampai tanggal 28 Desember 2015. Terima kasih dan tolong tanggapannya.

Instansi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kategori

Keluhan

Topik

Pelayanan

Tanggapan

Media_center Terverifikasi

Selamat siang. Hasil koordinasi dengan Dispendukcapil Kota Surabaya dapat kami sampaikan bahwa yang bersangkutan kemarin tgl 28 Maret 2016 sudah ke Dispendukcapil Surabaya dan menghadap Kasie Mutasi WNI dan Orang Asing. Terima kasih.

Media_center Terverifikasi

Selamat pagi. Informasi tambahan dari Dispendukcapil Kota Surabaya bahwa untuk saudara Mang Hartono silahkan datang ke Dispendukcapil Surabaya (gedung ex-SIOLA) ke Kasie Mutasi WNI dan Orang Asing, dengan membawa semua berkas2nya untuk dilakukan koordinasi dengan Imigrasi.Terima Kasih