Please wait...

Belum Terjawab
OPD
Sudah terjawab dan dalam perencanaan
Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti
Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Vincentius Sopacuaperu

09-10-2019 15:03

Selamat siang.. Saya mau tanya perihal Kartu Indonesia Sehat. Kemarin malam saya bersama dengan ayah saya kontrol pasca operasi di RS PHC. Posisi sebagai pasien adalah ayah saya. Pada waktu saya mendaftarkan ayah saya di BPJS desk, desk officer yang bertugas mengatakan bahwa KIS ayah saya sudah non aktif pada akhir bulan lalu dan harus diaktifkan lagi terlebih dulu bila akan dipakai lagi. Terkejut saya ! Saya sampaikan pada petugas tersebut, tolong di-check lagi di komputer, mungkin ada kekeliruan. Tapi petugas tersebut mengatakan bahwa data yang tampil di monitornya memang seperti itu. Lalu petugas tersebut menyuruh saya untuk langsung bertanya/mengurus hal ini ke kantor BPJS di Jl. Dharmahusada ( kalau tidak salah ). Yang tidak saya mengerti adalah, sejak kapan KIS keluaran pemerintah ada masa akhir berlaku & harus diperbaharui lagi ??? Lagian koq tidak ada pemberitahuan apapun soal ini ? Hari ini, pagi tadi.. istri saya sudah coba urus di kantor BPJS di Dharmahusada, tapi jawaban petugasnya adalah semua itu dari pemkot, jadi mereka pun tidak bisa apa². Istri saya sudah coba tanya ke pihak Kelurahan Krembangan Utara, tapi petugas kelurahan justru menginfokan bahwa ternyata banyak sekali masyarakat yang mengalami hal serupa seperti yang kami alami ini, KIS mereka non aktif tanpa ada pemberitahuan atau alasan apapun. Lalu bagaimana saya atau masyarakat lainnya jika ingin menggunakan KIS yang dari pemerintah, tapi ternyata tidak bisa karena di-non aktifkan atau diblokir ??? Mohon Ibu Walikota beserta jajaran terkait dapat membantu menguraikan kesulitan kami sebagai warga masyarakat.

Instansi

Dinas Kesehatan

Kategori

Keluhan

Topik

Tanggapan

Media_center Terverifikasi

10-10-2019 08:33

Hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya dapat kami sampaikan bahwa : Berkenaan dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) non aktif dapat kami sampaikan sbb : 1. Jika terdapat peserta PBI non aktif membutuhkan pelayanan kesehatan segera, dapat mengurus Surat Keterangan Miskin (SKM) di Kelurahan sesuai peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Walikota Nomor 23 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Miskin untuk Pelayanan Bidang Kesehatan. 2. Jika Sdr tidak membutuhkan pelayanan kesehatan segera, maka diarahkan ke Kelurahan untuk dilakukan verifikasi kembali oleh Kelurahan pada aplikasi e-Pemutakhiran Data. Demikian informasi yang dapat disampaikan.Terima kasih.