Please wait...

Bagi para warga kota Surabaya, mari bergabung di Media Center Kota Surabaya. Melalui media center, Anda dapat berpartisipasi dalam perkembangan pembangunan Kota Surabaya. Bentuk partisipasi Anda berupa kritik, saran, masukan atau keluhan.


Moejadi WEBSITE

20-07-2016 05:48 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Surabaya, 16 Juli 2016. Kepada Yth. : Walikota Surabaya Ibu Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T. di Balai Kota Surabaya. Dengan Hormat, Saya sebagai yang membuat pengaduan dan sebagai perwakilan dari warga Jl. Ikan Kerapu 2-4 (Colombo) Surabaya yang terdampak penggusuran/pengosongan Paksa Rumah Negara oleh Polrestabes Surabaya Nama Moejadi Alamat Jl. Ikan Kerapu No. 4T RT.01/RW.05 Kelurahan Perak Barat Kecamatan Krembangan Surabaya. Ibu Walikota Surabaya yang terhormat, kami adalah para Purnawirawan/Pensiunan Polri dan para Janda dari Purnawirawan Polri yang sudah wafat. Kami adalah Keluarga Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia yang telah tinggal selama puluhan tahun di Rumah Negara Jalan Ikan Kerapu No. 2-4 (Colombo) Surabaya. Kami adalah penduduk yang telah terdaftar status kependudukannya sebagai warga Kota Surabaya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya. 1. Sehubungan dengan adanya surat edaran dari Kapolrestabes Surabaya Nomor : B/871/II/2016/Bagsumda Tanggal 18 Pebruari 2016 yang menyatakan bahwa seluruh penghuni Blok A dan Blok B Asrama Polri Colombo Surabaya tanpa kecuali dari latar belakang status dan pekerjaan agar secara mandiri segera keluar dan meninggalkan Asrama tempat tinggalnya masing-masing. Dari surat edaran tersebut telah menimbulkan dampak psikologis, kesehatan dan keresahan bagi kami sebagai keluarga Purnawirawan yang belum mampu memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal tetap yang layak di Surabaya. 2. Pada pertemuan di Polda Jatim kami diberikan penjelasan tentang penggusuran/ pengosongan paksa rumah negara yang kami huni akan dibuat untuk lahan parkir perluasan pembangunan Satpas Satlantas Polrestabes Surabaya, yang mana hal tersebut tidak manusiawi dan tidak sesuai dengan data peta peruntukan yang ada di Pemerintah Kota Surabaya dan bertentangan dengan Moratorium Presiden tentang Pembangunan Sarana dan Prasarana Lembaga Negara serta bertentangan dengan Surat Keputusan Menteri Pelajaran(Pelayaran) 06 Djuli 1967 pasal 3 (terlampir) tentang Alih Fungsi Lahan dan Bangunan milik Pelabuhan. 3. Selanjutnya pada tanggal 13 Mei 2016 Polda Jatim mengeluarkan Surat Peringatan 1 " Bahwa rencana pelaksanaan pembangunan Gedung Satpas Satlantas Polrestabes Surabaya pada bulan Mei 2016, untuk itu warga penghuni Aspol Colombo Blok A dan B segera mengosongkan rumah pada bulan Mei 2016". 4. Pada tanggal 23 Juni 2016 Polda Jatim mengeluarkan Surat Peringatan 2 pengosongan tempat tinggal kami. 5. Bahwa berdasarkan Perjanjian Penyerahan Pengelolaan Tanah Nomor yang mengacu pada Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perhubungan , termasuk rumah negara yang kami huni berikut tanah dan bangunan telah diserahkan hak kelola nya dari Pihak Pelabuhan kepada Pemerintah Kota Surabaya dan Polrestabes Surabaya menjadi pihak ketiga sebagai penyewa tanah dan bangunan tersebut. 6. Sesuai hasil hearing di Komisi A DPRD Surabaya pada tanggal 04 Mei 2016, menyatakan bahwa tanah di Jl. Ikan Kerapu No. 2-4 (Blok A dan B Colombo) Surabaya, adalah aset PEMKOT Surabaya sesuai sertifikat HPL N0.2 Tahun 1997 atas nama PEMKOT Surabaya, sehingga sertifikat tahun 1994 yang dimiliki Polrestabes Surabaya, di duga tidak melalui prosedur yang benar karena tanpa diketahui oleh PEMKOT Surabaya. 7. Kami Di konfirmasi pada tanggal 19 Juli 2016, tempat tinggal kami akan di eksekusi tanpa ada kompensasi dan solusi. 8. Bahwa berdasarkan poin 1 dan 7 diatas, kami telah mengadukan permasalahan kami ke DPRD Kota Surabaya dan Pemerintah Kota Surabaya selaku pemilik hak kelola tanah dan rumah negara yang telah puluhan tahun kami huni,dan kami selama ini juga telah melakukan kewajiban membayar PBB, Listrik dan Air yang bukan fasilitas dari dinas layaknya warga umum lain yang tinggal di pemukiman Kota Surabaya, akan tetapi kami mendapatkan jawaban kepastian nasib kami. 9. Atas dasar kemanusiaan, kami memohon perlindungan kepada Walikota Surabaya atas rencana pengosongan dan penggusuran paksa rumah warga Jl. Ikan Kerapu No.2-4 RT.01/RW.05 Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. 10. Harapan kami bahwa kami tetap diperkenankan tinggal dan mengajukan hak sewa tempat atau terlebih lagi kami sangat berharap diperkenankan oleh Ibu Walikota Surabaya untuk memiliki hak untuk mengajukan rumah negara menjadi rumah pribadi (RUISLAG). Kami berharap Ibu Walikota Surabaya dapat memberikan solusi bagi permasalahan kami yang sangat berat ini. Demikian pengaduan yang kami sampaikan, kami mohon kiranya dapat secepatnya ditindak lanjuti mengingat dampak psikologis warga yang berkepanjangan. Atas nama seluruh warga Jalan Ikan Kerapu No. 2-4 Aspol Colombo Surabaya kami ucapkan Terima Kasih Surabaya, 16 Juli 2016 Moejadi

peruntukan lahan

Rudy Soleh WEBSITE

19-07-2016 01:01 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Kepada Yang terhormat Bapak / Ibu Pimpinan Kota Surabaya, melaporkan Kondisi Gorong-gorong yang mampet total di beberapa rumah tepatnya Jl. Raya Manukan Tengah Blok 6J No. 6 dan sekitarnya. dikarenakan saluran air penuh dengan tanah. atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

sendimen /lumpur,tanah di saluran

FITRI AYU KARTINI WEBSITE

19-07-2016 00:59 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Saya mengeluhkan pelayanan di Puskesmas Dukuh Pakis. Hari ini saudara saya dan anaknya berobat ke dokter gigi di puskesmas tersebut. Ketika diloket pendaftaran, Saudara saya dimintai KK untuk registrasi, tapi saudara saya hanya membawa KTP. KTP nya tolak mereka. Kalau untuk registrasi coba cek di komputer mas, saya sudah pernah kesini. Rasanya kok konyol sekali mau menolak registrasi pasien dg alasan identitas padahal bisa dicek online. Sambil menunggu antrian, jam 11.00 saya mendengar salah seorang dokter gigi yang berkata ke staf bagian pendaftaran "tutup aja pendaftarannya. Jangan diterima terus pasiennya, aku wes kesel". Dokter itu dibayar. Tolong omongannya dijaga. Kalau dia yang kesakitan baru tau rasa mungkin. Tindakan ke saya pun akhirnya dilakukan. Gigi saya yg berlubang sepertinya dibersihkan dulu dengan dicukit cukit sehingga berdarah banyak dan sakit. Lalu saya tanya, apa ini tidak diberi obat atau ditambal dok? Jawabannya.. obat apa? berdarah kok dikasih obat. Kalau makan aja sumpelen tissue sendiri. Saya tidak tahu puskesmas tsb dibawah pemkot atau pemprov. saya mohon ditindak pegawai2 yang tidak punya etika pelayanan. Berpendidikan tapi tata bahasanya menyakitkan orang lain. Saya sampaikan di aplikasi ini karena pasien2 lain di ruang tunggu juga mengeluhkan pelayanan mereka yg buruk dari jaman dulu. Mohon perhatian dan tindak lanjutnya. Terima kasih.

Pelayanan

NAENDRO KUSSAYOGO WEBSITE

19-07-2016 00:56 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

dear, e-wadul. menginformasikan bahwasannya ada jalan berlubang di depan jalan tambak segaran wetan, mohon bantuannya untuk segera ditambal, karena bisa membahayakan pengguna jalan yang melintas, terimakasih atas perhatiannya.

Jalan Rusak

Didi WEBSITE

19-07-2016 00:54 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Gorong-Gorong yang menghubungkan Kendangsari Blok P dengan Blok O dan Blok O dengan Blok S terlalu tinggi diluar kewajaran. Jika dilewati pejalan kaki, sepeda, sepeda motor, mobil, gerobak pedagang sangat mengganggu. (Sudah sejak setahun lalu saya adukan tetapi tidak ada tanggapan). Mohon follow-up dari dinas terkait agar ketinggiannya buat sewajarnya & diawasi proyeknya.

proyek saluran

S. Haryanto WEBSITE

18-07-2016 08:21 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

ass.wr.wb, saya menyampaikan keluhan serta keberatan tentang tarif parkir di RS Dr. Sutomo, yang menaikan tarif sebesar Rp. 3.000,- u/ motor dan Rp.5.000,- u/ mobil, padahal tarif resmi hanya Rp. 1.000,-/motor dan Rp. 5.000,-/mobil. saya sempat berdebat soal ini, dan bukan saya saja yg keberatan dengan tarif baru tersebut, banyak dari para pasien maupun pengantar pasien mengeluh. mohon tanggapannya serta memberikan tindakan tegas kepada pihak pengelola parkir tersebut.

Tarif Parkir

HARIYONO WEBSITE

15-07-2016 02:10 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

perlu ada rambu dilarang putar balik di depan pom bensin jl Kalirungkut .membuat macet

rambu jalan

HERANDA PRATAMA PUTRA WEBSITE

14-07-2016 04:46 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Min Lampu PJU di Jalan Semolo Waru Tengah 1 Kok belum ada perbaikan ya padahal Lampu PJU di Jalan Semolo Waru Tengah 1 itu masih padam Kapan Min diperbaikinya tolong diperbaiki secepatnya min

PJU

MOCH HASAN HIDAYAT WEBSITE

14-07-2016 01:31 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

ktp lamash hidup, perlukah urus ektp atau nunggu ktp lama habis baru diurus

e - KTP

kiki WEBSITE

13-07-2016 08:08 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Lampu PJU padam di kapas gading madya IV, Surabaya. Mohon untuk diperbaiki. Terima kasih

PJU

SYAHRUL SETIAWAN e-wadul

13-07-2016 01:02 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

kali di simokerto gg1 kotor banget apalagi banyak sampah dikali tersebut .. banyak orang" yg buang sampah sembarang dikali

Sampah

Gunawan WEBSITE

13-07-2016 00:57 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

TL & rambu untuk belok kiri di perempatan McD Rungkut tumpang tindih.

rambu jalan

Alfiyah triningsih WEBSITE

12-07-2016 09:39 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Maaf sebelumnya bu rismaa, saya mau melaporkan atas proses pembuatan ktp yang sangat amat lama sekali, sudah 3 bulan saya menunggu proses ktp jadi tapi selalu di suruh menunggu 1bln lagi, lagi, dan lagi, mohon percepat proses pembuatàn ektp di kecamatan wonocolo karena ktp penting sekali buat saya melamar pekerjaan

e - KTP

WILLIAM KRISNADI WEBSITE

11-07-2016 09:46 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Selamat sore. Di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan Diponegoro ada belokan untuk ke arah Wonokromo. Saran saya, pada jam sibuk mohon untuk diberi tanda dilarang putar balik, agar tidak menambah kemacetan. Terima kasih.

rambu jalan

rufli WEBSITE

11-07-2016 09:42 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Di kampung kami jl kalimas baru 1 rt 10 rw 01 ada proyek galian selokan oleh pemkot surabaya yang proyeknya dimulai tgl 4 juni 2016 ... dan galian ditinggalkan dan dibiarkan begitu saja dan sudah banyak yang jatuh di galian tersebut... tolong pihak pemkot memperhatikan ini kalau bisa sebelum lebaran sudah ditutup, apalagi kalau hujan pasti ada yg jatuh. Dan saya yakin pemkot buat proyek ini bukan untuk membuat warganya celaka.

proyek saluran

musiyono WEBSITE

11-07-2016 09:37 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Slamat siang Yth DKP kota Surabaya saya melaporkan kondisi gorong - gorong selokan tepatnya di Jl Nias 86 mampet total,sejak kurang lebih 2 thn mengalami gangguan sejak ada galian renovasi selokan tersebut,,sudah melakukan pelaporan 2x thn 2015 belum ada tindakan sampai sekarang 4 juli 2016 mhn bantuan ke pada Dinas terkait memeriksa dan di tindak lanjuti ...

saluran/got

bagus sulistijono WEBSITE

11-07-2016 06:50 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Lampu PJU di depan rumah baratajaya 18 no 28 surabaya. Mati hidup mati hidup. Mhn diperbaiki. Trm ksh

PJU

Mansur Setiawan WEBSITE

11-07-2016 06:49 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

lampu penerangan jalan umum di jalan setro baru utara III/26 PADAM, mohon di perbaiki, terima kasih.

PJU

CAROLINE, S.SN WEBSITE

11-07-2016 06:30 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

bu sy mau lapor dari warga wisma permai tengah ..di pinggir kali di seberang di jalan tegal itu sering dibuangi sampah sembarangan...dulu sempat dibersihkan namun diulangi lagi..mohon perhatiannya sehingga hal ini tidak menggangu masyarakat sekitar lagi...baunya sangat menyengat terutama waktu hujan..bahkan pernah banjir...terima kasih

Sampah

Nida'il Hilwa Dhiaurachman WEBSITE

01-07-2016 07:50 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Tanggal 15 Juni kemarin, saya akan membuat KTP baru. Dari RT, RW, Lurah, Camat, tidak ada hambatan sama sekali. Tapi ketika di Dispendukcapil, waktu mau perekaman, tiba-tiba data saya terblokir. Berhubung waktu saya di siola itu hari Jumat, saya nggak bisa langsung ngurus buka blokirnya. Akhirnya waktu hari senin, saya kembali ke dispendukcapil lantai 3, guna membuat surat pernyataan data blokir. Kenapa untuk membuat surat pernyataan saja, harus pakai persetujuan RT, RW, Lurah, Camat? Kalo boleh jujur, capek buat bolak-baliknya. Akhirnya, tgl 23 Juni, saya sudah mendapatkan tanda tangan 4 orang itu. Saya kembali lagi ke dispendukcapil lantai 3. Cuman disuruh nunggu, terus dikasih surat keterangan, kalau data saya aktif pada tgl 29 Juni. Itu disuruh ke kecamatan buat aktifkan data. Akhirnya, hari ini saya ke kecamatan untuk mengaktifkan data saya. Setelah dari kecamatan, saya langsung disuruh ke dinas untuk perekaman yg berada di lantai satu. Cukup lama saya menunggu, karna cuman ada 2 tempat untuk perekaman. Sedangkan orang2 yg ingin merekam sangat banyak. Ketika tiba giliran saya, ehh ternyata data saya masih di blokir. Kata petugasnya, saya disuruh ke lantai 3 lagi. Naik turun tangga lagi, lah parkirannya aja ada di lantai 5. Lift nya di dinas juga cuman satu, itu aja antri banyak. Capek buat naik turun itu. Waktu udah di lantai 3, cuman dikasih penjelasan, tunggu sampai 2mingguan lagi. Terus KTP saya kapan jadinya? Kalo lama kayak gini, bisa-bisa saya telat daftar buat kuliah. Kapan says bisa ngelamar kerja? Lahwong saya ngurus KTP, niatnya juga buat nglamar kerja, buat biaya kuliah. Mohon dengan sangat, tolong dipermudah lagi buat ngurus KTP sama e-KTP. Sama fasilitas yg ada di Dispendukcapil. Saya capek bolak balik dari rumah, rt, rw, lurah, camat, dinas. Saya juga capek naik turun tangga. Terimakasih

Pelayanan

FADJAR SUHAERI e-wadul

01-07-2016 01:43 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

Dear All.ingin rasanya lihat area gembong dan sekitarnya rapi.beberapa daerah sudah diperbaiki trotoarnya. di area gembong, rasanya penuh sesak dg pkl. entah apa solusi buat pkl. saya pikir jg susah tuk merapikan pkl yg sudah membudaya atau mungkin jg ada karena ada permintaan di sambut dg penawaran..susah merapikan secara manusiawi. gembong yg awalnya di daerah gembong tebasan, melebar di jalan kapasari..dan skrng melebar di jalan nganglik..ayo cari solusi bersama..gembong yg jadi daerah slum, rentan potensial jadi tempat kriminal dan narkoba. Ayo cari solusi bersama. #suroboyo_rek

SOWONG BAHMBO e-wadul

30-06-2016 04:14 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

selamat pagi.. saya mau menyampaikan kan, atas sangat buruk nya pelayanan rumah sakit haji Sukolilo.. masak pasien yg antri 400 orang dokter yg menangani hanya 1 orang, mau brpa lama pasien menunggu?? ini orang sakit bukan antri sembako..

ALBERTUS SUGENG CAHYONO WEBSITE

30-06-2016 03:10 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

kembali saya menyampaikan keluhan yang ke tiga kalinya tentang kemacetan yg sering terjadi di jl.kertajaya sisi arah samsat..kbetulan memang setiap hari saya slalu lewat di jalan itu... bgini jalan kertajaya mngalami penyempitan ketika showroom2 .mobil mulai buka,karen kebanyakan mobil showroom keluar separo bahkan ditambah lagi yg perbaiki ato memoles,dll mnggunakan badan jalan satu lajur...ditambah lagi parkir mobil satu jalur...jadi tinggal satu jalur yg bisa digunakan... mohon dinas terkait/polisi mnertibkannya secara rutin...dan semoga tdk tergoda dgn "setoran"...terimakasih.

macet

mamik WEBSITE

30-06-2016 03:04 Sudah terjawab dan sedang ditindaklanjuti

pju arah masuk rusunawa romokalisari banyak lampu yang padam tolong segera dibetulkan karena kondisi jalan yang jelek jadi penghalang kami warga rusun

PJU

Soedirman Astrowidjojo WEBSITE

30-06-2016 03:04 Sudah terjawab dan sudah ditindaklanjuti

Lampu PJU di bratang binangun VA no 9 surabaya,telah TERSELESAIKAN DAN SUDAH NYALA. Terima kasih sebelumnya kepada aparat yang telah menyelesaikan keluhan saya. Hormat saya Soedirman Astrowidjojo

PJU